Tinjauan Jejaring Sosial Sebagai Perkembangan Teknologi dan Komputerisasi

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangatlah pesat. Semua orang dibelahan dunia manapun sedang terpengaruhi lebih dalam dengan kehadiran dunia maya. Baik dikota, di desa, bahkan di pegunungan sekalipun, hampir semuanya bisa mengkakses internet. Hal ini tentu saja ada positif dan negatifnya. Dengan majunya perkembangan IPTEK ini diharapkan bisa memperbaiki kehidupan masyarakat, tapi disisi lain juga bisa menjadi ancaman. Hal yang ditakutkan dalam membuka internet ini adalah jika ada anak dibawah umur yang mencoba membuka situs-situs yang tidak layak untuk dibuka. Setelah ramai dengan jejaring social facebook, dan twitter seperti nya sekarang lebih banyak yang dapat diakses oleh masyarakat seperti path, intagram, line, dsb. Jejaring sosial adalah struktur social yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh professor J. A. Barnes di tahun 1954 dalam tulisan Muhammad Ridwan Nawawi 2008. Setiap jejaring sosial memiliki kelebihan masing-masing namun umumnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk berkomunikasi dengan mudah dan berbeda, karena ditambah fitur-fitur yang menarik. Dan dapat disimpulkan bahwa jejaring social merupakan pelayanan berbasih web yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pihak lain baik dengan teman maupun keluarga yang mempunyai tujuan yang sama.

 

Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti “Rekan Kerja” atau “Teman Dekat” (Wikipedia). Facebook sendiri saat ini memiliki 1,15 miliar pengguna di seluruh dunia. Pengguna aktif harian Facebook secara global per Juni 2013 lalu mencapai 699 juta orang. Lima negara dengan pengguna terbanyak berasal dari Amerika Serikat, Brasil, India, Indonesia, dan Meksiko. Sebagian besar pengguna internet di Indonesia gemar membuka situs jejaring sosial Facebook. Bahkan, jumlahnya melebihi jumlah keseluruhan pengguna internet di tahun 2012. Menurut pihak Facebook, seperti yang tertuang dalam siaran pers yang KompasTekno terima, Jumat (20/9/2013), jumlah pengguna Facebook per hari asal Indonesia mencapai angka 33 juta orang. Pengguna yang mengakses Facebook via mobile setiap harinya mencapai angka 28 juta.

 

Twitter
Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif. Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran (Wikipedia). Berdasarkan hasil perhitungan tahun 2013 oleh Semiocast, peneliti sosial media, ada lima negara yang dianggap paling banyak menggunakan Twitter. Negara terbanyak pertama adalah Amerika Serikat, kedua Jepang, ketiga Indonesia, keempat Inggris, dan kelima Brazil (Hestya, 2013).

 

Instagram
Menurut Aditya Panji (2013) Instagram mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanannya kini mencapai 100 juta. Meski masih berada di belakang Twitter dan Google+, Instagram membuktikan dirinya terus berkembang. Jumlah pengguna Instagram adalah setengah dari jumlah pengguna aktif Twitter, yang kini mencapai 200 juta. Google+ mengklaim punya 135 juta pengguna. Pasar jejaring sosial masih dikuasai oleh Facebook dengan 1 miliar pengguna. Perkembangan pesat Instagram tidak hanya dianggap sebagai prestasi perusahaan, tetapi juga prestasi komunitas. Pendiri sekaligus CEO Instagram, Kevin Systrom pernah berkata, “Instagram adalah sebuah komunitas, bukan sekadar aplikasi filter foto”. Instagram menganggap dunia lebih terhubung dan mudah dipahami melalui foto. Banyak orang mengabadikan dunia secara real-time dengan Instagram, lalu berbagi gambar dengan orang lain di berbagai belahan dunia. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.

 

Dampak sosial dari kemajuan teknologi komunikasi tentu memiliki dampak yang positif yang biasa digunakan atau dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan. Menurut Marwah Daud Ibrahim memandang potensi perubahan sosial yang mendasar yang terjadi dalam masyarakat sebagai akibat dari kemajuan teknologi dan komunikasi. Dengan kemajuan teknologi dan komputerisasi kemungkinan orang bisa terbuka dan menerima perubahan yang baik. Dengan kemajuan teknologi diharapkan menumbuhkan semangat solidaritas sosial yang semakin meningkat. Dengan kemajuan teknologi komunikasi diharapkan setiap individu memiliki SDM yang berkualitas. Dari gejala kemajuan teknologi komunikasi di atas, pendidikan komputerisasi akuntansi mempunyai strategi untuk mengantisipasi dengan jalan; Memotivasi kreativitas anak didik dengan nilai-nilai Islam sebagai acuan, Mendidik keterampilan, memanfaatkan produk teknologi komunikasi bagi kesejahteraan hidup umat manusia, Menciptakan jaringan yang kuat antara ajaran agama dan teknologi komunikasi, Menanamkan wawasan yang luas terhadap kehidupan masa depan umat manusia melalui kemampuan menginterprestasikan ajaran agama dari sumber-sumber ajaran yang murni dan kontekstual dengan masa depan kehidupan manusia.