Apa itu Progressive Web Apps (PWA)?

 

Aplikasi Web Progressif (PWA) adalah aplikasi web yang berjalan layaknya aplikasi native, dapat menampilkan notifikasi dan UX seperti aplikasi native. Dengan konsep offline first dan Web APIs baru, aplikasi yang berjalan pada browser tidak akan memunculkan pesan network error atau white screen seperti yang kita alami ketika berada pada jaringan yang buruk. Pada PWA, ketika kita meninggalkan browser, dan kembali lagi membuka aplikasi tersebut pada jaringan buruk, kita tidak akan kehilangan UI dan data-data terakhir.

 

Service Workers adalah teknologi dibalik PWA yang memberikan fungsionalitas offline, notifikasi, update konten, pergantian konektifitas dan lain-lainnya. Memang belum banyak yang membahas tentang service workers dan bagaimana sebenarnya service workers itu diterapkan, tetapi bila kita mengunjungi Developer Google, bisa dikatakan service workers adalah semacam proxy yang berada ditengah antara aplikasi web, browser, dan jaringan. Bisa dianalogikan aplikasi kita akan diatur oleh service workers agar bisa berlajan offline terlebih dahulu, mengembalikan data dari cache jika request ke jaringan gagal. File service workers berisi kode javascript yang bisa dikembangkan untuk menghandle event dan request sesuai dengan kebutuhan.

 

PWA salah satu yang mampu menarik pengembang, terutama pengembang yang selama ini mengembangkan aplikasinya dengan teknologi web maupun hybrid. Ionic sebagai platform hybrid, akan menambahkan fitur PWA. Ionic juga yakin bahwa web adalah masa depan dari aplikasi, tanpa perlu mengembangkan aplikasi mobile secara terpisah, aplikasi native sendiri dan aplikasi web sendiri.

 

Sumber: codepolitan.com