Tools Pengembangan Aplikasi Mobile Hybrid

 

Pengembangan aplikasi mobile cukup bergantung terhadap sistem operasi ponsel itu sendiri. Contohnya, jika Anda ingin mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi Android, maka Anda dapat menggunakan tool Android Studio dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Namun, apabila Anda ingin mengembangkan aplikasi untuk sistem operasi iOS, tool yang dapat Anda gunakan adalah Apple Xcode dengan bahasa pemrograman Swift atau Objective-C.

 

Lalu, bagaimana jika Anda ingin mengembangkan suatu aplikasi mobile yang dapat berfungsi dengan baik di sistem operasi iOS atau Android? Anda dapat menggunakan tools pengembangan aplikasi mobile hybrid yang akan dirangkum pada artikel berikut ini.

 

1. Xamarin
Semenjak Xamarin diakuisisi oleh Microsoft, kini Xamarin telah terintegrasi dengan Visual Studio – sebuah IDE (Integrated Development Environment) dari Microsoft. Dengan menggunakan Xamarin, Anda mampu mengembangkan aplikasi mobile dengan menggunakan bahasa pemrograman C# atau F# yang dapat berfungsi di Android, iOS, ataupun Windows Phone.

 

2. React Native
React Native merupakan salah satu tools pengembangan aplikasi seluler yang dikembangkan oleh Facebook. Tools pengembangan aplikasi mobile ini menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Dengan menggunakan React Native, kamu dapat mengembangkan aplikasi yang mampu berfungsi pada sistem operasi Android dan iOS. Jika Anda sudah terbiasa menggunakan JavaScript untuk mengembangkan suatu website, React Native merupakan tools yang sangat cocok bagi Anda.

 

3. Phonegap
Phonegap merupakan tools pengembangan aplikasi mobile yang sudah cukup lama digunakan oleh para pengembang aplikasi seluler. Tools ini cukup mudah untuk digunakan, akan tetapi Phonegap memiliki performa aplikasi yang cukup lamban. Dengan Phonegap kamu dapat mengintegrasikan aplikasi berbasis web yang dikembangkan menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript dengan aplikasi seluler.

 

4. Ionic Framework
Ionic Framework merupakan salah satu tools yang menggunakan AngularJS sebagai kerangka pengembangan aplikasi seluler Hybrid. Ionic Framework cukup cocok bagi Anda yang telah terbiasa mengembangkan suatu situs menggunakan AngularJS. Aplikasi yang dikembangkan menggunakan Ionic Framework memiliki performa aplikasi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan aplikasi yang dikembangkan menggunakan Phonegap.

 

Sumber: logique.co.id