Kampus 4 UNIKOM, Jalan Dipati Ukur No. 112 BANDUNG
+62 22 2503054 info@ka.unikom.ac.id
Choose Your Language :      

Pakar IT Beberkan Cara Tangkal Penyadapan

Penyadapan pada ponsel maupun perangkat mobile tidak hanya berkaitan pada produk perangkat saja. Sebab, perangkat teknologi tak seluruhnya dibuat oleh para vendor.

Meski vendor perangkat telah menyatakan produknya tersertifikasi, namun terdapat komponen dan sistem operasi yang diproduksi pihak ketiga. Celah ini memungkinkan ditanamkan malware atau komponen penyadapan.

Kondisi itu tak dipungkiri pakar IT, Teguh Prasetya. Meskipun para vendor perangkat telah menyatakan produk mereka tersertifikasi, Teguh berpendapat pengguna perangkat harus waspada dengan sistem operasi yang berjalan di atasnya.

"Masing-masing hardware punya sistem operasi masing-masing. Apakah selalu setiap sistem operasi terstandarisasi?" kata Teguh usai diskusi di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Rabu 26 Maret 2014.

Ia mengatakan rata-rata pengguna perangkat bahkan tidak mengetahui sumber kode sistem operasi yang dipakai mereka. Sementara itu, pengetahuan kode sumber itu penting.

Teguh mengatakan, dengan masuk ke teknologi, terlebih teknologi digital, maka sebenarnya potensi penyadapan sangat mudah. Kuncinya yakni kesadaran pengguna untuk selalu memonitoring perangkatnya. Ia menyebutkan pengguna harus intens mengaudit keamanan perangkat.

Program Studi Komputerisasi Akuntansi UNIKOM, Terakreditasi B (Baik) - 014/SK/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/I/2013 - Berlaku mulai dari tanggal 31 Januari 2013 s/d 31 Januari 2018