Kampus 4 UNIKOM, Jalan Dipati Ukur No. 112 BANDUNG
+62 22 2503054 info@ka.unikom.ac.id
Choose Your Language :      

Aplikasi Chatting Ini Bisa Beroperasi Tanpa Internet

Mengirim pesan chatting memang sudah menjadi kebutuhan komunikasi sehari-hari. Sayangnya, komunikasi dengan cara itu tetap tergantung dari kehandalan performa jaringan data pengguna.

Meski perangkat Anda canggih tanpa jaringan bagus, bisa saja pesan chatting tak sampai kepada penerimanya.

Sebagai alternatif, terdapat aplikasi chatting yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan dan foto meski dalam kondisi tak ada sinyal. Aplikasi itu yakni FireChat, yang merupakan aplikasi iPhone gratis.

FireChat yang dikembangkan oleh perusahaan pengumpul dana, Open Garden, itu disebut juga dengan Multipeer Connectivity Framework (MCF). Tahun lalu, Apple sudah menambahkan MCF pada iOS 7.

Apple menciptakan apa yang disebut jaringan bersama nirkabel. Fitur ini diklaim dapat mendukung chatting dalam kondisi tak ada sinyal bahkan aplikasi ini sanggup berfungsi dalam jarak yang jauh.

Saat pengguna memakai FireChat, pengguna akan mendapatkan screen name sampai opsi pengiriman pesan. Pada aplikasi ini terdapat ruang chat dengan opsi Everyone dan Nearby.

Pada mode Nearby, pengiriman pesan ke orang terdekat, tak perlu mengunakan data sinyal. Tapi cuma dengan Bluetooth atau WiFi Direct. Jangkauan pengiriman pesan sampai 9 meter. Sedangkan opsi Everyone memungkinkan pengguna meneruskan pesan kepada pengguna yang lain.

Mengapa pengiriman bisa dilakukan meski tanpa data?. Kuncinya dibantu dengan jaringan yang dilokal pada tiap ponsel menjadi sebuah node. Secara mudah, node merupakan titik yang dilalui data dalam sebuah jaringan. Dalam jaringan internet tradisional, tiap perangkat yang terhubung dengan jaringan disebut node.

Sebagai contoh, jika jaringan memiliki telepon, tablet, dua komputer dan printer yang terhubung, berarti itu ada lima node pada jaringan. Dengan skema ini data bisa bisa lewat diantara node tersebut.

Program Studi Komputerisasi Akuntansi UNIKOM, Terakreditasi B (Baik) - 014/SK/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/I/2013 - Berlaku mulai dari tanggal 31 Januari 2013 s/d 31 Januari 2018