Kampus 4 UNIKOM, Jalan Dipati Ukur No. 112 BANDUNG
+62 22 2503054 info@ka.unikom.ac.id
Choose Your Language :      

Visi Wajib Bagi Startup

Untuk mencapai hasil tentu saja kita melakukan tindakan sampai melewati masa proses, pertanyaan saya adalah Apakah teman-teman sudah merasa cukup dengan hasil yang diterima selama ini? kalo kita berbicara tentang hasil, tidak serta merta menyangkut tentang uang saja, namun hasil merupakan sesuatu yang kita dapatkan dari tindakan kita biasanya, misal seperti penghargaan, kebanggaan, hubungan baik antara perusahaan dan klien, atau yang freelance mempunyai banyak Project sejauh ini. Itu semua adalah hasil yang dicapai tentang tindakan yang kita lakukan, saya banyak mendapat keluhan dari teman tentang hasil yang mereka capai tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Namun tetap saja mereka melakukan tindakan yang mereka lakukan tidak ada perubahan, maka hasil yang mereka capai juga tidak akan ada perubahan juga.

Maka dari itu visi harus dikedepankan supaya Harapan dapat terealisasi menjadi hasil, Bagaimana kalau sudah terlanjur take action dan tidak sesuai dengan hasil? disinilah perlu adanya perubahan sikap atau perubahan tindakan yang kita rubah untuk mendapatkan hasil yang berbeda tentu saja. Perubahan tindakan inilah yang akan membuat perubahan hasil yang akan kita capai.

Tidak sedikit StartUp yang mulai berguguran karena mereka tidak mempunyai visi ke depan yang jelas, mereka hanya ikut-ikutan tentang trend yang sekarang ada. Memang trik atau teknik meniru merupakan salah satu cara untuk mencapai hasil yang bagus. dan biasanya orang menyebutnya trik ATM (Amati Tiru Modifikasi modifikasi), namun jika tidak memiliki visi yang jelas maka semua itu hanya akan menjadi bayangan dari bisnis yang sudah ada.

Berikut pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab : 1) Bagaimana gambaran tentang diri sendiri? 2) Seorang pemimpin StartUp harus mempunyai visi dan itu dimulai dari diri sendiri kalau diri sendiri tidak mempunyai visi bagaimana cara untuk visioner kepada perusahaan? 3) dan jika anda seorang StartUp bagaimana anda mengomunikasikan visi tersebut kepada tim, Apakah tim mau menerima visi yang kita sampaikan? 4) Harus memiliki gambaran bagaimana StartUp tetap hidup. dengan adanya komunikasi dan kesepakatan bersama maka StartUp itu akan menjadi satu visi untuk berkembang dan menjadi maju.

Kemudian berbicara tentang interaksi kepada klien yang kita tuju dan target market yang kita tentukan, berilah mereka alasan yang jelas Mengapa mereka sangat membutuhkan produk dari startup kita. berilah alasan yang kuat sehingga mereka mau membeli produk kita atau menggunakan produk yang kita buat. persiapkan juga kira-kira keraguan apa yang ada pada klien tidak menggunakan produk kita, tangkis hal tersebut dengan jawaban yang sudah kita persiapkan sehingga mereka menjadi yakin terhadap produk yang kita buat.

Program Studi Komputerisasi Akuntansi UNIKOM, Terakreditasi B (Baik) - 014/SK/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/I/2013 - Berlaku mulai dari tanggal 31 Januari 2013 s/d 31 Januari 2018